DirectX atau Direct3D adalah kumpulan API untuk menangani berbagai tugas dalam pemrograman multimedia khususnya game komputer dalam sistem operasi Microsoft Windows. DirectX sendiri merupakan gabungan dari Direct3D, DirectDraw, DirectMusic, DirectPlay, dan DirectSound. Versi terbaru untuk Windows yang akan segera muncul adalah DirectX 12. DirectX 12 diumumkan oleh Microsoft di GDC pada tanggal 20 Maret 2014 dan ditargetkan untuk dirilis pada tahun 2015 ini, Tujuan utama dari Direct3D 12 adalah untuk mengurangi driver overhead mirip dengan AMD Mantle yang dikembangkan oleh Max McMullen. DirectX 12 mendukung Fermi, Nvidia GPU, AMD chip, Intel Haswell dan beberapa unit prosesor grafis. Apa yang membuat Direct3D 12 yang lebih baik? Pertama dan terpenting, menyediakan tingkat yang lebih rendah dari perangkat keras sebelumnya, yang memungkinkan gamer secara signifikan meningkatkan skala multithread dan penggunaan CPU. Direct3D 12 juga memperkenalkan serangkaian fitur rendering pipeline baru yang akan secara dramatis meningkatkan order-independent transparency, collision detection, dan geometry culling.
Ini sangat jelas bahwa 4K video dan game adalah masa depan. Produsen konten dan pembuat game secara jelas bergerak secara bertahap ke arah itu. Sementara 4K game tidak akan muncul secara tiba-tiba dan selalu bertahap, kita harus melihat adopsi yang lebih utama dalam satu tahun atau lebih. DirectX 12 pasti akan mempercepat adopsi itu, bagaimanapun, secara signifikan mengurangi biaya overhead GPU.
0 comments:
Post a Comment